Rabu, 09 Mei 2012

Lupus: Masterpiece Seorang Hilman Hariwijaya

Suka baca Lupus? Atau masih mengoleksi novelnya sampai sekarang?
 
Inget dong sosok anak muda yang suka ngunyah permen karet ini. Lupus adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Hilman Hariwijaya. Pertama kali novel Lupus diterbitkan tahun 1986. Lupus adalah ikon remaja 80an akhir, dekade 90an dan 2000an awal. Saya kebetulan salah satu penggemar tokoh ini. Waktu kecil saya ingat setiap bulan pasti selalu membeli novel Lupus. Mulai dari Lupus kecil, Lupus ABG sampai Lupus dewasa. Tidak lupa saya juga mengoleksi film layar lebarnya, dari Lupus I sampe Lupus IV. Lupus bahkan tampil di televisi dalam format sinetron yang ditayangkan di Indosiar.
 
Sebenernya, apa sih istimewanya Lupus sehingga bisa dikagumi oleh remaja pada masanya?
 
Hilman Hariwijaya sukses membawa Lupus mengikuti 3 zaman yang berbeda. Setiap dekade, becandaan yang disajikan di novel Lupus selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Lupus merupakan representasi remaja yang ceria, banyak teman, dan selalu berkarya. Yang suka baca Lupus pasti kenal dong dengan karakter-karakter seperti Boim, Lulu, Gusur, Popi, Mila, Anto. Karakter yang disajikan Hilman adalah karakter yang natural. Dunia Lupus adalah dunianya anak remaja pada umumnya.
 
Terakhir kali, saya membeli novel Lupus pada tahun 2007 dengan judul “Lupus: Return”. Hilman menyajikan kisah Lupus yang fresh dan baru dalam novel ini. Kabar yang terakhir saya dapat dari akun twitter Lupus, Lupus akan dibawa ke layar lebar. Saya harap Lupus bisa bangun kembali, dan meramaikan dunia remaja lagi.
 
Bangun dong, Lupus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar