Jumat, 20 Juli 2012

Review Film: "Lewat Djam Malam ( 1954 )"


Director: Usmar Ismail
Duration: 101 Minutes
Genre: Thriler
Cast: A.N Alcaff, Nety Herawaty, Bambang Hermanto
Score: 8.0/10

Lewat Djam Malam merupakan film keluaran tahun 1954  karya sutradara Usmar Ismail dan skenarionya dibuat oleh Asrul Sani ( Penulis Film “Jenderal Nagabonar” ).

Film ini menceritakan tentang Iskandar ( A.N Alcaff ), seorang mantan pejuang yang mencoba untuk kembali ke masyarakat setelah berjuang dalam perang kemerdekaan. Yang terjadi kemudian adalah terjadi ketidakcocokan antara apa yang ada di dalam kehidupan masyarakat ternyata jauh berbeda dengan apa yang Iskandar fikirkan selama ini.

Kalau kita perhatikan gaya bahasa di film ini, tentu saja sangat jadul. Kata-kata seperti “Lekas” atau “Hendak” mungkin sudah asing di telinga kita. Begitu juga dengan salahj satu scene yang memperlihatkan adegan pesta dengan lagu seperti “Potong Bebek Angsa” tentu sangat tidak familiar bagi kita. Namun, seberapapun jadulnya scene atau gaya bahasa di film ini tidak mengubah kualitas sinematografinya.

Lewat Djam Malam direstorasi oleh National Museum of Singapore dan World Cinema Foundation, bekerja sama dengan Yayasan Konfiden dan Kineforum Dewan Kesenian Jakarta serta memenangkan Festival Film Indonesia 1955 dengan kategori Film Terbaik















Tidak ada komentar:

Posting Komentar